Koleksi Lengkap Tanaman Obat Indonesia, Tumbuhan Obat dan Manfaatnya

Home | Tananam Obat | Pelatihan & Sertifikasi | Toko Obat Herbal

     
 

Kembang Sore

(Abutilon indicum (L.) Sweet)

Sinonim :
= Sida indicum, Linn.

Familia :
Malvaceae

Uraian :
Tanaman ini dapat ditemukan dari 1-400 m dpl. Menyukai tempat terbuka seperti di hutan, semak, tanah kosong yang terlantar, kadang ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias. Perdu tegak berumur panjang, tinggi 0,5-3 rn, pangkalnya kerapkali berkayu dengan ranting yang keluar dari bawah, berambut pendek dan rapat. Daun letak berseling, bertangkai panjang, bentuknya seperti jantung dengan ujung runcing, tepi bergerigi atau beringgit kasar, tulang daun menjari, panjang 3-11 cm, lebar 2,5-7 cm. Bunga tunggal dengan 5 daun mahkota berwarna kuning, diameter 2-2,5 cm, bertangkai yang panjangnya 2-6 cm, keluar dari ketiak daun dan mekar setelah tengah hari. Buah bentuknya seperti bola tertekan dengan tinggi 1,5 cm, penampang 2,5 cm, terdiri dari 15-20 celah yang berisi 3 buah biji berbentuk ginjal. Herba ini merupakan tanaman yang menghasilkan serat berwarna putih. Perbanyakan dengan biji.


Nama Lokal :
Cemplok (Jawa), Barulau, belalang sumpa (Palembang); Jeuleupa (Aceh), Kembang sore kecil (Maluku),; Gandera ma cupa (Ternate);


Penyakit Yang Dapat Diobati :
Wasir, Bisul, Sakit Telinga, TB Paru (Bronkhitis), Kencing batu; Reumatik, Cacing keremi, sakit gigi, gusi bengkak, Demam, Diare; Kaligata, gondongan, Batuk, Sembelit, Kencing nanah;

Pemanfaatan :

Komposisi :
SIFAT KIMIAWI DAN EFEK FARMAKOLOGIS: Manis, tawar, netral. Membersihkan panas dan lembab di dalam tubuh (antipiretik), melancarkan peredaran darah, anti radang, peluruh dahak dan peluruh kencing (diuretik). Daun: Manis, kelat, hangat. Akar: Manis, tawar, sejuk. Peluruh kencing, menenangkan organ paru (pulmonary sedative), masuk kedalam meridian ginjal. Biji: Peluruh kencing, laksans, peluruh dahak, aphrodisiak. KANDUNGAN KIMIA: Asam amino, asam organik, zat gula dan flavonoid yang terdiri dari gossypin, gossypitrin dan cyanidin-3-rutinoside. Biji mengandung minyak raffinose (C18 H32 O16).

 

Anda Punya Penyakit?

Manfaatkan layanan konsultasi kesehatan gratis dengan Herbalis. Dapatkan resep obat herbal untuk penyembuhan penyakit Anda.

 

Anda Ingin Jadi Herbalist?

Ikuti Pelatihan & Sertifikasi dari Asosiasi Herbalis Nusantara. Setelah pelatihan Anda bisa mendapat izin praktek dari Dinas Kesehatan.

 

Ramuan Herbal Kejantanan

Ramuan untuk dioles di penis yang bisa membuat Anda tahan lama dalam hubungan seks dan untuk mengatasi ejakulasi dini dengan cepat.

 

Sehat & Cerdas Terapi Musik

Terapi musik dan gelomang otak untuk kesehatan, konsentrasi, kreativitas, relaksasi, mengatasi masalah psikologis dan banyak lagi.

 

Kekuatan Pikiran Bawah Sadar

Sebetulnya Anda bisa menjadi orang yang lebih baik daripada sekarang. Anda bisa lebih percaya diri, lebih menarik, lebih kaya, lebih beruntung dan lebih sukses dalam segala hal apabila Anda mengetahui rahasia Pikiran Bawah Sadar.

 

 

     
 

 

Kapsul dari Herbal Alami

   
       

Copyright 2011-2020 HerbalisNusantara.com | Asosiasi Herbalis Nusantara