Koleksi Lengkap Tanaman Obat Indonesia, Tumbuhan Obat dan Manfaatnya

Home | Tananam Obat | Pelatihan & Sertifikasi | Toko Obat Herbal

     
 

Kapasan

 

(Abelmoschus moschatus [L.] Medic.)

Sinonim :
Hibiscus abelmoschus L.

Familia :
malvaceae

Uraian :
Kapasan ditemukan tumbuh liar di tempat-tempat terbuka pada tanah terlantar maupun semak-semak atau ditanam di kebun-kebun. Kapasan dapat ditemukan pada ketinggian 1-650 m dpl. Semak, berumur pendek, tumbuh tegak, tinggi 0,5-2,5 m. Batang bulat, bagian pangkalnya umumnya berkayu, percabangan sedikit, ditumbuhi rambut kasar. Daun tunggal, bertangkai panjang. Helaian daun berlekuk, bercangap, atau berbagi 5 yang sangat dalam, tepi bergerigi, ujung runcing, pangkal berbentuk jantung, pertulangan menjari, kedua permukaan berambut kasar, panjang 6-22 cm, lebar 5-20 cm, berwarna hijau. Bunga tunggal, berbentuk lonceng, berukuran besar, keluar dari ketiak daun, daun mahkota 5 buah, panjang 3,5-10 cm, berwarna kuning. Buahnya buah kotak, bulat telur, berusuk lima, meruncing, panjang 5-8 cm, berambut seperti sikat, jika sudah masa.k akan terbuka dengan 5 katup. Biji berbentuk ginjal, pipih, keras, berwarna kelabu, bergaris halus dari pangkal sampai ujung, baunya wangi. Bijinya menghasilkan minyak kasturi yang digunakan sebagai campuran kosmetik, obat gosok rematik, serta campuran pada bedak untuk melembutkan kulit dan obat ruam kulit. Kapasan dapat diperbanyak dengan biji.


Nama Lokal :
NAMA DAERAH Sumatera: Gandapura, kapas sedeki (Lampung). Jawa: kakapasan, kaworo (Sunda), kapasan, kasturi, regula, rewulaw, waron (Jawa), kastore bukal (Madura). Maluku: kasturi (Ternate). NAMA ASING Huang kui (C), musk mallow (I). NAMA SIMPLISIA Abelmoschi Radix (akar kapasan)


Penyakit Yang Dapat Diobati :
Akar rasanya agak manis, sifatnya sejuk. Pereda panas (antipiretik), peluruh kencing (diuretik), antiradang, dan melancarkan pengeluaran nanah.

Pemanfaatan :

Komposisi :
Akar mengandung minyak asiri, lemak, asam palmitat, sterol/ terpen. Biji mengandung a-cephalin, fosfatidilserine, plasmalogen, fosfatidilkoline plasmalogen, ambrettolid, ambretol, afamesol, furfural, tanin clan minyak asiri. Daun kering mengandung a-sitosterol, a-D-glikosida, dan tanin. Bunga mengandung a-sitosterol, mirisetin, dan glikosida.

 

Anda Punya Penyakit?

Manfaatkan layanan konsultasi kesehatan gratis dengan Herbalis. Dapatkan resep obat herbal untuk penyembuhan penyakit Anda.

 

Anda Ingin Jadi Herbalist?

Ikuti Pelatihan & Sertifikasi dari Asosiasi Herbalis Nusantara. Setelah pelatihan Anda bisa mendapat izin praktek dari Dinas Kesehatan.

 

Ramuan Herbal Kejantanan

Ramuan untuk dioles di penis yang bisa membuat Anda tahan lama dalam hubungan seks dan untuk mengatasi ejakulasi dini dengan cepat.

 

Sehat & Cerdas Terapi Musik

Terapi musik dan gelomang otak untuk kesehatan, konsentrasi, kreativitas, relaksasi, mengatasi masalah psikologis dan banyak lagi.

 

Kekuatan Pikiran Bawah Sadar

Sebetulnya Anda bisa menjadi orang yang lebih baik daripada sekarang. Anda bisa lebih percaya diri, lebih menarik, lebih kaya, lebih beruntung dan lebih sukses dalam segala hal apabila Anda mengetahui rahasia Pikiran Bawah Sadar.

 

 

     
 

 

Kapsul dari Herbal Alami

   
       

Copyright 2011-2020 HerbalisNusantara.com | Asosiasi Herbalis Nusantara