Koleksi Lengkap Tanaman Obat Indonesia, Tumbuhan Obat dan Manfaatnya

Home | Tananam Obat | Pelatihan & Sertifikasi | Toko Obat Herbal

     
 

Lada

(Piper nigrum L.)

Sinonim :
--

Familia :
Piperaceae.

Uraian :
Tanaman herba tahunan, memanjat. Batang bulat, beruas, bercabang, mempunyai akar pelekat, warna hijau kotor. Daun tunggal, bulat telur, pangkal bentuk jantung, ujung runcing, tepi rata, panjang 5-8 cm, lebar 2-5 cm, pertulangan menyirip, warna hijau. Bunga majemuk, bentuk bulir, menggantung, panjang 3,5-22 cm, warna hijau. Buah buni, bulat, buah muda berwarna hijau dan setelah tua berwarna merah.


Nama Lokal :
NAMA SIMPLISIA Piperis nigri Fructus; Buah Lada hitam. Piperis albae Fructus; Buah Lada putih.


Penyakit Yang Dapat Diobati :
SIFAT KHAS Pedas, menghangatkan, dan melancarkan peredaran darah. KHASIAT Karminatif, diaforetik, diuretik, dan analgesik. PENELITIAN Nurendah P. Subanu, Bambang Wahjoedi, Oswald T. Tampubolon, dkk. Pusat Penelitian Farmasi, Badan LITBANGKES DEPKES. Telah melakukan penelitian pengaruh buah Lada dan buah Cabai Jawa, terhadap kehamilan mencit. Dari hasil penelitian tersebut, ternyata buah Lada dan buah Cabai Jawa pada takaran yang cukup besar, dapat menyebabkan resorpsi janin mencit. Errasmus S., Sasmitadimedja, Adjad S., dkk. Bagian Farmakologi, FK UNPAD. Telah melakukan penelitian infus buah Lada terhadap efek menghilangkan rasa nyeri pada mencit. Dari hasil penelitian tersebut, ternyata pemberian per oral infus dengan takaran 500 mg/kg bb, menyebabkan perpanjangan waktu reaksi (PWR), sama dengan PWR untuk parasetamol den gan takaran 250 mg/kg bb, dan lebih pendek dari PWR untuk metamizol dengan takaran 250 mg/kg bb. Sunaryo Sarwono,1988. Fakultas Farmasi, UGM. Pembimbing: Drh. Daryono, M.Sc. Ph.D., dan Dr. C.J. Soegihardjo, Apt. Telah melakukan penelitian pengaruh pemberian seduhan serbuk buah Lada hitam terhadap hepatotoksisitas parasetamol pada mencit jantan. Dari hasil penelitian tersebut, ternyata seduhan serbuk Lada hitam pada dosis 305,76 mg/kg bb yang diberikan secara bersama-sama dengan pemberian parasetamol dosis 250 mg/kg bb dapat menghambat proses hepatotoksis pada mencit.

Pemanfaatan :

Komposisi :
Minyak atsiri, pinena, kariofilena, limonena, filandrena, alkaloid piperina, kavisina, piperitina, piperidina, zat pahit, dan minyak lemak.

 

Anda Punya Penyakit?

Manfaatkan layanan konsultasi kesehatan gratis dengan Herbalis. Dapatkan resep obat herbal untuk penyembuhan penyakit Anda.

 

Anda Ingin Jadi Herbalist?

Ikuti Pelatihan & Sertifikasi dari Asosiasi Herbalis Nusantara. Setelah pelatihan Anda bisa mendapat izin praktek dari Dinas Kesehatan.

 

Ramuan Herbal Kejantanan

Ramuan untuk dioles di penis yang bisa membuat Anda tahan lama dalam hubungan seks dan untuk mengatasi ejakulasi dini dengan cepat.

 

Sehat & Cerdas Terapi Musik

Terapi musik dan gelomang otak untuk kesehatan, konsentrasi, kreativitas, relaksasi, mengatasi masalah psikologis dan banyak lagi.

 

Kekuatan Pikiran Bawah Sadar

Sebetulnya Anda bisa menjadi orang yang lebih baik daripada sekarang. Anda bisa lebih percaya diri, lebih menarik, lebih kaya, lebih beruntung dan lebih sukses dalam segala hal apabila Anda mengetahui rahasia Pikiran Bawah Sadar.

 

 

     
 

 

Kapsul dari Herbal Alami

   
       

Copyright 2011-2020 HerbalisNusantara.com | Asosiasi Herbalis Nusantara