Koleksi Lengkap Tanaman Obat Indonesia, Tumbuhan Obat dan Manfaatnya

Home | Tananam Obat | Pelatihan & Sertifikasi | Toko Obat Herbal

     
 

Aren

(Arenga pinnata (Wurmb.) Merr.)

Sinonim :
Arenga sacchrifera Labill.

Familia :
Arecaceae (Palmae).

Uraian :
Tidak berduri tempel. Batang tinggi sampai 25 m dan diameter 65 cm, sebagian batang yang cukup panjang berdaun, di bawahnya terdapat pelepah daun yang tepinya sobek-sobek terurai menjadi serabut hitam. Tangkai daun sampai 1,5 m, helaian daun panjangnya sampai 5 m. Anak daun sampai 145 kali 7 cm, bagian bawah ada lapisan lilin. Berumah satu, tongkol betina dengan tongkol jantan panjangnya 2,5 m. Tongkol bercabang satu kali; cabang samping panjang 1,5 m. Bunga jantan berpasangan, panjang 12-15 mm; benang sari banyak. Bunga betina berdiri sendiri, hampir bulat bola; bakal buah beruang 3, dengan 3 kepala putik. Buah buni bulat peluru, dengan ujung pesok ke dalam, garis tengah 4 cm, beruang 3, berbiji 3. Seluruh Jawa, dalam hutan atau ditanam; 1-1400 m. Catatan: Juga terkenal dengan nama yang lama Arenga saccharifera Labill. Boleh dikatakan semua bagian tanaman dipakai; akarnya untuk bahan anyaman dan untuk cambuk, batang yang dibelah untuk talang (saluran air), kayunya untuk tongkat jalan dan usuk genting, pondoh untuk sayur-mayur makan nasi, tulang daun untuk sapu dan kranjang, daun muda untuk ganti kertas rokok, serabut pelepah untuk tali ijuk, untuk genting, kranjang, sapu, sikat, terasnya dibuat „sagu". Dari tongkol bunga jantan disadap cairan yang mengandung gula, di mana kemudian dibuat gula (gula Jawa), kalau dikhamirkan menghasilkan sagu air, arak atau cuka; bijinya dibuat manisan dan dimakan (kolang-kaling). Bagian yang digunakan Tuak/legen (hasil peragian dari air bunga) dan akar.


Nama Lokal :
NAMA DAERAH: Bak juk, Bak jok (Aceh); Pola, Paula, Bagot, Agaton, Bargot (Batak); Anau, Biluluk (Minangkabau); Kawung, Taren (Sunda);Aren, Lirang, Nanggung (Jawa); Jaka, Hano (BaIi); Meka (Sawu); Moke, Huwat (FIores); Akel, Akere, Koito, Akol, Ketan (Sawu); Inru (Bugis); Bole (Roti); Seho (Ternate). NAMA ASING: NAMA SIMPLISIA: Arengae pinnatae Radix; Akar Aren.


Penyakit Yang Dapat Diobati :
KHASIAT Diuretik.

Pemanfaatan :

Komposisi :
TUAK: Gula dan minyak lemak.

 

Anda Punya Penyakit?

Manfaatkan layanan konsultasi kesehatan gratis dengan Herbalis. Dapatkan resep obat herbal untuk penyembuhan penyakit Anda.

 

Anda Ingin Jadi Herbalist?

Ikuti Pelatihan & Sertifikasi dari Asosiasi Herbalis Nusantara. Setelah pelatihan Anda bisa mendapat izin praktek dari Dinas Kesehatan.

 

Ramuan Herbal Kejantanan

Ramuan untuk dioles di penis yang bisa membuat Anda tahan lama dalam hubungan seks dan untuk mengatasi ejakulasi dini dengan cepat.

 

Sehat & Cerdas Terapi Musik

Terapi musik dan gelomang otak untuk kesehatan, konsentrasi, kreativitas, relaksasi, mengatasi masalah psikologis dan banyak lagi.

 

Kekuatan Pikiran Bawah Sadar

Sebetulnya Anda bisa menjadi orang yang lebih baik daripada sekarang. Anda bisa lebih percaya diri, lebih menarik, lebih kaya, lebih beruntung dan lebih sukses dalam segala hal apabila Anda mengetahui rahasia Pikiran Bawah Sadar.

 

 

     
 

 

Kapsul dari Herbal Alami

   
       

Copyright 2011-2020 © HerbalisNusantara.com | Asosiasi Herbalis Nusantara